Macam-Macam Metode Pengembangan Perangkat Lunak

Assalamualiakum wr.wb Pada kesempatan kali ini, Alhamdulillah saya bisa kembali mem-post yang mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian. Pada kali ini, saya akan membahas mengenai macam-macam metode pengembanagan software, tapi sebelum itu kita terlebih dahulu harus mengetahui apa arti dari software itu sendiri. Oke mulai

Software adalah : Suatu program komputer, prosedur, data dan semua dokumentasi yang berhubungan operasi pada sistem komputer dengan kata lain software merupakan kumpulan dari object membentuk konfigurasi yang didalamnya termasuk program, dokumen, dan data.

Menurut IEEE , Pengembangan software (software engineering ) adalah : Aplikasi sistematik, disiplin, pendekatan kuantitatif untuk pengembangan, operasi dan pemeliharaan dari software, dengan kata lain software engineering merupakan sebuah metodologi pengembangan perangkat lunak (software) yang membahas semua aspek produksi perangkat lunak, mulai dari tahap awal spesifikasi sistem hingga pada tahap pemeliharaan sistem setelah digunakan dengan tujuan untuk membuat perangkat lunak yang tepat dengan metode yang tepat. 

Hal yang perlu di pertimbangkan dalam pengembangan software yaitu : 

 1.  Produk dan software (terdiri dari program, dokumen, dan data) 
 2. Proses pengembangannya (terdiri dari proses manajemen dan proses teknikal) 

System Development Life Cycle (SDLC) merupakan beberapa tahap pengembangan pemantauan produk dari perangkat lunak. Contoh dari SDLC antara lain model waterfall, model V, model spiral, prototyping dan lain-lain. Sedangkan proses manajemen dalam pengembangan software lunak terdiri atas manajemen proyek, configuration management dan quality assurance management dan proses teknikal merupakan metode yang diaplikasikan pada tahap tertentu dalam pengembangan software, yang didalamnya termasuk metode analisis, metode desain, metode pemrograman, dan metode testing. 


Tiga Elemen kunci dalam Pengembangan Software

 1. Metode 

Metode software engineering memberikan tehnik-tehnik bagaimana membentuk software. Terdiri dari serangkaian tugas seperti perencanaan dan estimasi proyek 

Software merupakan bagian terbesar dari sistem, sehingga pekerjaan dimulai dengan cara menerapkan kebutuhan semua elemen sistem dan mengalokasikan sebagian kebutuhan tersebut ke software. Pandangan terhadap sistem adalah penting, terutama pada saat software harus berhubungan dengan elemen lain, seperti hardware, software lain dan database 

2. Analisis kebutuhan sistem dan software 

Merupakan suatu proses pengumpulan kebutuhan software untuk mengerti sifat -sifat program yang dibentuk software engineering, atau analis harus mengerti fungsi software yang diinginkan, performance dan interfase terhadap elemen lainnya. Hasil dari analisis ini didokumentasikan dan ditinjau bersama-sama klien.

3. Desain struktur data 

Desain software sesungguhnya adalah proses multi step (proses yang terdiri dari banyak langkah) yang memfokuskan pada 3 atribut program yang berbeda, yaitu struktur data, arsitektur software dan rincian prosedur. 

 * Arsitektur program dan prosedur algoritma 
Proses desain menterjemahkan kebutuhan kedalam representasi software yang dapat diukur kualitasnya sebelum coding dimulai. Hasil dari desain ini didokumentasikan dan menjadi bagian dari konfigurasi software. 

 * Coding 
 Merupakan proses penterjemahan desain ke dalam bentuk yang dapat dibaca oleh mesin

 * Testing dan pemeliharaan 
Setelah objek program dihasilkan, testing program dimulai. Proses testing difokuskan pada logika internal software. Jaminan bahwa semua pernyataan atau statements sudah dites dan lingkungan external menjamin bahwa definisi input akan menghasilkan output yang diinginkan. Sementara proses pemeliharaaan atau maintenance dilakukan karena software mengalami error, atau harus diadaptasi untuk menyesuaikan dengan lingkungan external.

Peralatan atau tools 
Peralatan pengembangan software memberikan dukungan atau semiautomasi untuk metode, contohnya: 

1. CASE (Case Aided Software Engineering), yaitu suatu software yang menggabungkan software, hardware, dan database software engineering untuk menghasilkan suatu lingkungan software engineering. 

2. Database Software Engineering, adalah sebuah struktur data yang berisi informasi penting tentang analisis, desain, kode dan testing. 

3. Analogi dengan CASE pada hardware adalah : CAD, CAM, CAE. 

Prosedur 
Prosedur terdiri dari, urut-urutan di mana metode tersebut diterapkan, dokumen, laporan-laporan, formulir-formulir yang diperlukan, kontrol kualitas software, dan koordinasi perubahan yang terjadi pada software. 

Tiga Metode Dalam Pengembangan Software yang secara luas digunakan, yaitu: 

1. System Development Life Cycle (SDLC) 

Adalah proses pengembangan dimana keseluruhan proses pengembangan sistem dilakukan melalui proses multi-langkah dari investigasi persyaratan awal melalui analisis, desain, implementasi dan pemeliharaan (sumber: Russel Kay, Computer World). SDLC terdiri dari beberapa jenis model antara lain model Waterfall, Fountain, dan Spiral. Pada model waterfall output dari langkah yang satu akan menjadi input bagi langkah selanjutnya. 

 a. Spiral Model 


Model spiral (spiral model) adalah model pengembangan software dimana proses digambarkan sebagai spiral. Setiap loop akan mewakili satu fase dari software process. Loop paling dalam berfokus pada kelayakan dari sistem, loop selanjutnya tentang definisi dari kebutuhan, loop berikutnya berkaitan dengan desain sistem dan seterusnya.

Pada spiral model, setiap Loop dibagi dibagi menjadi sejumlah aktifitas kerangka kerja yang disebut juga wilayah tugas, wilayah tugas tersebut terdiri antara tiga sampai enam wilayah tugas, yaitu : 

1. Komunikasi Pelanggan. 
Tugas – tugas yang dibutuhkan untuk membangun komunikasi yang efektif di antara pengembangan dan pelanggan. 

2. Perencanaan. Tugas–tugas yang dibutuhkan untuk mendefinisikan sumber–sumber daya, ketepatan waktu, dan proyek informasi lain yang berhubungan. 

3. Analisis Risiko. 
Tugas – tugas yang dibutuhkan untuk menaksir risiko – risiko, baik manajemen maupun teknis. 

4. Perekayasaan. 
Tugas – tugas yang dibutuhkan untuk membangun satu atau lebih representasi dari aplikasi tersebut. 

5. Konstruksi dan peluncuran. 
Tugas – tugas yang dibutuhkan untuk mengkonstruksi, menguji, instalasi dan memberikan pelayanan kepada pemakai (contohnya pelatihan dan dokumentasi). 

6. Evaluasi pelanggan. 
Tugas – tugas yang dibutuhkan untuk memperoleh umpan balik dari pelanggan dengan didasarkan pada evaluasi representasi software, yang dibuat selama masa perekayasaan, dan diimplementasikan selama masa pemasangan software. 

b. Waterfall model  




Fase atau tahapan yang terjadi pada waterfall model adalah sebagai berikut : 

1) Tahap Investigasi

Pada tahap investigasi akan terjadi proses seperti: 
a) Initialisasi: terjadi proses seperti perencanaan manajemen, kebutuhan serta potensi dari user. 

b) Definisi formal: dilakukan definisi tujuan, motivasi, ruang lingkup, batasan, kendala, dan strategi. Selain itu, pada definisi formal juga dilakukan verifikasi permasalahan sehingga dapat dilakukan penilaian terhadap kebutuhan yang baru. 

c) Uji kelayakan, yang terdiri dari: 

1.  Uji kelayakan teknis, merupakan uji terhadap ketersediaan hardware dan software. 
2. Uji kelayakan ekonomis, yaitu menilai apakah manfaat yang didapat dari pengembangan software akan sebanding dengan biaya yang dikeluarkan. 
3. Uji kelayakan operasional, uji kelayakan yang berkaitan dengan kemampuan orang yang   bekerja dalam sistem untuk melakukan pekerjaan mereka dengan cara yang telah ditentukan. 
4. Uji kelayakan kelayakan organisasi, menilai kesiapan perusahaan atau organisasi untuk mengembangkan penjualan pemasaran dan sistem keuangan berbasis Web (e-commerce system). 

2) Tahap Analisa 
Dalam tahapan ini sistem yang akan dibangun diselaraskan dengan kebutuhan user atau pengguna. Pada tahap ini terjadi proses seperti: 

a) Determine requirements atau penentuan kebutuhan, hal ini dilakukan dengan cara mempelajari sistem yang telah ada, serta menentukan kebutuhan struktur dan menghilangkan redundansi.
b) Requirement analysis atau analisa kebutuhan, terdiri dari analisa kebutuhan fungsional dan performa (kinerja). 
c) Menghasilkan desain sistem alternatif 
d) Membandingkan alternatif desain sistem yang dihasilkan dan 
e) Merekomendasikan alternatif terbaik kepada klien. 

3) Tahap Desain 
Tahap menentukan bagaimana sistem mencapai tujuan yang telah didefinisikan sebelumnya. Tahap ini terdiri dari: 

a) User interface design, meliputi tampilan, form, report dan dialog design. 
b) Data design, merupakan proses desain elemen struktur data. 
c) Process design, merupakan desain program prosedur sistem 

 4) Tahap Implementasi Pada tahap ini terjadi beberapa hal seperti: 

a) Evaluasi hardware, software dan jasa 
b) Modifikasi dan pengembangan software 
c) Dokumentasi, yang merupakan mekanisme komunikasi utama selama proses pengembangan. 
d) Konversi data, pada proses ini terjadi perbaikan dan penyaringan data yang tidak diinginkan dan konsolidasi data. 
e) Testing atau uji coba, pada proses ini dilakukan uji coba dan debugging software.
f) Training atau pelatihan sistem/software yang telah terbentuk. 
g) Konversi, yakni proses pergantian dari sistem lama ke sistem baru. Proses konversi dapat dilakukan melalui 4 macam cara antara lain: 

1. Parallel strategy 
2. Pilot strategy 
3. Phased strategy dan 
4. Plunge strategy 

5) Tahap Pemeliharaan (maintenance) 
Pada proses ini terjadi modifikasi software, perbaikan error atau umpan balik dari user terhadap software yang telah mereka gunakan. 

Keunggulan dan Kelemahan pada metode SDLC antara lain: 
a. Keunggulan: 

1) Proses pengembangan sangat terstruktur dan sistematik 
2) Melalui definisi kebutuhan, sehingga gap atau kesenjangan yang terjadi antara kebutuhan dan sistem yang dihasilkan dapat dikurangi. 
3) Menghasilkan petunjuk arah pengembangan yang jelas bagi manajemen. 

b. Kelemahan: 

 1) Tidak adaptif terhadap perubahan yang dapat terjadi selama proses pengembangan (kaku atau rigid). 
2) Melelahkan karena membutuhkan waktu pengembangan yang lama dan biaya yang tinggi 3) Proyek yang sebenarnya jarang mengikuti aliran sequential yang ditawarkan model ini. Iterasi (Pengulangan) selalu terjadi dan menimbulkan masalah pada aplikasi yang dibentuk oleh model ini. 
4) Seringkali pada awalnya customer sulit menentukan semua kebutuhan secara explisit. 
5) Klien harus sabar karena versi program yang sedang jalan tidak akan tersedia sampai proyek pengembangan selesai. 

 c. Rapid Application Development (RAD) 



Rapid Aplication Development (RAD) adalah sebuah metode pengembangan software yang diciptakan untuk menekan waktu yang dibutuhkan untuk mendesain serta mengimplementasikan sistem, informasi sehingga dihasilkan siklus pengembangan yang sangat pendek. 

Model RAD ini merupakan adaptasi dari model sekuensial linier dimana perkembangan yang cepat dicapai dengan menggunakan pendekatan kontruksi berbasis komponen. Sehingga, jika kebutuhan sistem dipahami dengan baik, proses RAD memungkinkan developer menciptakan sistem fungsional yang utuh dalam periode waktu yang sangat pendek (± 60 sampai 90 hari). Karena dipakai terutama pada aplikasi sistem konstruksi, pendekatan RAD meliputi fase – fase dibawah ini: 

a. Bussiness modeling 
Aliran informasi di antara fungsi – fungsi bisnis dimodelkan dengan suatu cara untuk menjawab pertanyaan – pertanyaan sebagai berikut : 

 1) Informasi apa yang mengendalikan proses bisnis? 
2) Informasi apa yang di munculkan? 
3) Siapa yang memunculkanya? 
4) Ke mana informasi itu pergi? 
5) Siapa yang memprosesnya? 

b. Data modeling 
Aliran informasi yang didefinisikan sebagai bagian dari fase bussiness modelling disaring ke dalam serangkaian objek data yang dibutuhkan untuk menopang bisnis tersebut. Karakteristik (disebut atribut) masing masing objek diidentifikasi dan hubungan antara objek – objek tersebut didefinisikan. 

c. Prosess modelling 
Aliran informasi yang didefinisikan di dalam fase data modeling ditransformasikan untuk mencapai aliran informasi yang perlu bagi implementasi sebuah fungsi bisnis. Gambaran pemrosesan diciptakan untuk menambah, memodifikasi, menghapus, atau mendapatkan kembali sebuah objek data. d. Aplication generation RAD mengasumsikan pemakaian teknik generasi ke empat. Selain menciptakan perangkat lunak dengan menggunakan bahasa pemrograman generasi ketiga yang konvensional, RAD lebih banyak memproses kerja untuk memkai lagi komponen program yang ada (pada saat memungkinkan) atau menciptakan komponen yang bisa dipakai lagi (bila perlu). Pada semua kasus, alat – alat bantu otomatis dipakai untuk memfasilitasi konstruksi perangkat lunak. 

e. Testing and turnover 
Karena proses RAD menekankan pada pemakaian kembali, banyak komponen program telah diuji. Hal ini mengurangi keseluruhan waktu pengujian. Tetapi komponen baru harus di uji dan semua interface harus dilatih secara penuh. 

Keunggulan dan kelemahan model RAD adalah : 

Keunggulan: 

1. Waktu pengembangan yang lebih singkat dan 
2. Biaya yang relatif lebih murah 

Kelemahan: 
1. Tidak cocok untuk proyek skala besar 
2. Proyek bisa gagal karena waktu yang disepakati tidak dipenuhi 
3. Sistem yang tidak bisa dimodularisasi tidak cocok untuk model 
4. Resiko teknis yang tinggi juga kurang cocok untuk model ini. 


d. Prototyping 



Proses pada model prototyping yang dapat dijelaskan sebagai berikut: 

a. User Requirements 
Pada tahap ini developer dan klien bertemu dan menentukan tujuan umum, kebutuhan yang diketahui dan gambaran bagian-bagian yang akan dibutuhkan berikutnya. Detil kebutuhan mungkin tidak dibicarakan pada tahap ini. 

b. Develope Prototype 
Pada tahap ini dilakukan perancangan prototype sistem oleh developer, perancangan sistem dilakukan secara cepat dan rancangan diusahakan mewakili semua aspek software yang telah diketahui. 

c. Revise Prototype 
Pada tahap ini dilakukan evaluasi prototype sistem oleh klien. Apabila klien merasa prototype sistem yang telah dikembangkan sesuai dengan keinginannya maka prototype tersebut dapat digunakan, akan tetapi jika prototype tersebut tidak sesuai, maka prototype tersebut akan dilakukan revisi dan digunakan sebagai acuan dalam memperjelas kebutuhan software dan kemudian dikembangkan prototype selanjutnya. Siklus ini (develop-revise prototype) akan terus berlangsung hingga didapatkan prototype sistem yang sesuai dengan kebutuhan klien atau user. 

Keunggulan dan kelemahan pada pengembangan software menggunakan metode prototyping. 

Keunggulan: 

 1. Meningkatnya komunikasi antara user dan developer 
2. Peningkatan peran aktif user didalam proses pengembangan 
3. Peningkatan efisiensi waktu 
4. Implementasi sistem menjadi lebih mudah karena user turut berperan aktif didalam proses pengembangan 

 Kelemahan: 
1. Kurangnya fitur keamanan dan kontrol pada prototype akhir sistem 
2. Sistem akan sulit terbentuk jika proses evaluasi pada siklus prototype tidak mendapatkan titik temu. 
3. Dapat menyebabkan dokumentasi akhir yang tidak lengkap 
4. Developer lebih sulit mengendalikan ekspektasi user

1 Komentar

  1. mantap nih a, saya kurang ngerti sama materi ini soalnya dosennya kurang bisa menjelaskan hehe

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama